Perangkat Lunak E - Commerce


✅ KurJerzy.pl | Wartość rynku e-commerce w Europie

Holla manteman online ku, welcome back to my blog !
Kali ini kita akan membahas tentang Perangkat Lunak E - Commerce. Pembahasan kita kali ini masih berhubungan dengan pembahasan kita sebelumnya, yaaps E - Commerce. Minggu lalu kan kita sudah membahas pengertian, jenis - jenis, kekurangan, serta contoh contoh e - commerce, nah kali ini akan membahas perangkat lunak yang bekerja di balik e - commerce itu sendiri. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut, kita harus tahu dulu apa sih pengertian perangkat lunak atau yang biasa di sebut juga software.

Perangkat lunak atau software adalah kumpulan dari beberapa perintah yang kemudian dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaan - pekerjaannya. Software di buat bukan dengan bahasa manusia yaa namun di buat  dengan menggunakan bahasa pemograman yang kemudian perintah - peintah yang telah di eksekusi tadi disimpan secara digital. Maka dari itu software merupakan jembatan komunikasi antara bahasa mesin dan bahasa manusia. Software tidak memiliki wujud fisik namun tanpa software,  komputer atau perangkat keras hanyalah mesin yang tidak akan ada artinya alias tidak berguna.


Beberapa Software Yang Dapat Digunakan Dalam E - Commerce

1. PrestaShop
    PrestaShop didirikan di Paris, Prancis. PrestaShop memiliki lebih dari 40 bahasa yang tersedia bagi para penggunanya namun bahasa yang paling sering digunakan hanya Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis. Perangkat lunak ini menggunakan mesin template Smarty, fitur yang cukup lengkap, gampang, sederhana, mudah dipahami, siap pakai, dapat di instal dengan mudah yang membuat banyak toko toko online dari seluru penjuru dunia menggunakan software e - commerce ini.

2. Magento
    Sepertinya applikasi yang satu ini sedang naik daun sekarang karena ia memiliki nilai plus tersendiri taitu Magento menggunakan framework zend sebagai dasar applikasinya yang di makan berkat framework zend, programming applikasi ini lebih mudah dipelajari yang tentu saja akan lebih muda juga untuk dikembangkan. Namun Magento memiliki kekurangan, yaitu ukuran applikasinya yang besar dan minimum requirement dari applikasi ini menuntut hosting yang tidak main - main.

3. osCommerce
   Applikasi e - commerce yang juga tidak kalah populernya sekarang adalah osCommerce karena osCommerce memiliki berbagai macam theme/template baik yang gratis maupun yang berbayar sehingga banyak situs belanja online menggunakan applikasi yang satu ini untuk mempercantik tampilan situsnya.

4. Zencart
    Sama halnya dengan osCommerce, Zencart juga memiliki segudang theme/template yang dapat menunjang tampilan situs toko online menjadi lebih sedeep di pandang. Zencart termasuk dalam salah satu applikasi yang didukung dalam kemudahan instalasi oleh fantastico auto installer.

5. WordPress + WP eCommerce
   WordPress merupakan applikasi weblog yang sudah sangat familiar karena memiliki sifat yang sangat memungkinkan untuk menambahkan plugin sehingga wordpress juga dapat digunakan sebagai shopping cart. Salah satu plugin-nya yaitu WP eCommerce. Kelebihan WP eCommerce, selain platform SEO yang mendukung, tampilannya pun enak untuk dipandang.


Naahh gimana manteman, dari kelima software diatas, kalian akan menggunakan software yang mana ? Pertimbangkan baik - baik yaa agar website belanja online kalian banyak mengundang para customer.

Cukup sekian dulu yaa pembahasan kita kali ini, semoga dapat memberi manfaat dan ilmu bagi kita semua. Jangan lupa di share informasi ini ke teman - teman kalian yaa. See u on my next bacaan, bai baaiii :)


Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security