Teknologi Web



perkembangan teknologi internet dan website - jasa web design di ...


Holla manteman onlineku, welcome back to my blog !
Kali ini kita belajar tentang Teknologi Web yaa, sudah ready ? skkuuyy

Pasti kalian semua sudah tidak asing lagi dengar kata web kan ?  Dan kalian pasti juga sering menganggap bahwa web dan wibsite itu sama, yaa kan ? Sudaah kalian ngaku ajaa. Kalau kalian menganggap itu hal yang sama, kalian keliru karena pada dasarnya web dan website memiliki makna yang berbeda. Yuk kita liat perbedaan antara web dan website !
  • Web atau WWW (word wide web) atau the web adalah sebutan nama untuk semua internet yang diakses melalui software web browser dengan format HTML (hypertext markup language). Contoh web yaitu firefox, safari, chrome dan lain sebagainya, sedangkan
  • Situs web atau Website adalah hasil dari halaman - halaman web yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki berbagai informasi berupa gambar, teks, vidio yang disediakan baik secara perorangan, kelompok maupun organisasi. Contoh website yaitu shopee, facebook, youtube, dan lain sebagainya.

Macam - Macam Teknologi Web :

1. Android Studio

Tips Mencegah Android Studio Membuka Project Terakhir Saat Startup ...

    Android studio adalah IDE ( Integrated Development Environment ) atau lingkungan pengembangan terpau untuk aplikasi yang berbasis android yang memiliki tampilan UI Designer yang mudah untuk digunakan. Android studio berguna untuk meningkatkan produktivitas kita saat membuat aplikasi android, seperti :
  1. Emulator (program yang memungkinkan satu sistem untuk memperbaiki sistem lainnya) yang cepat serta kaya akan fitur didalamnya
  2. Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif (dapat menjangkau secara luas)
  3. Adanya dukungan program berbasis C++ dan NDK
  4. Environment yang mempermudah kita untuk mengembangkan aplikasi untuk android.
2. Blogging Platform

  Best Blogging Platform – Top 20 List (2020) - Ultimate Topics

    Blogging adalah  kegiatan menulis dan mengelola blog  dengan memanfaatkan teknologi yang ada di internet agar sang blogger bisa membagikan konten - konten sesuai tema yang akan diangkat dengan mudah. Di zaman yang zzuupperr canggih ini ada banyaaak blogging platform yang tersedia, namun yang paling sering digukan yaitu Blogger dan WordPress.

3. Internet Of Thing

Internet of Things: Panduan Lengkap | Blog Dewaweb

    Internet of thing atau yang lebih sering disebut dengan IoT adalah konsep yang dimana objek tertentu mempunyai kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa membutuhkan adanya interaksi dari manusia ke manusia maupun manusia ke perangkat komputer. Sebenarnya yaa untuk saat ini IoT belum berhubungan langsung dengan pemograman web, namun beberapa waktu kedepan IoT akan mendominasi pemograman, teknologi web dan teknologi cloud menjadi backend dari IoT itu sendiri karena sudah banyak perangkat IoT digunakan, seperti :

    a) Kulkas pintar
Family Hub, Sebuah Lemari Es Pintar Hasil Kerja Sama Samsung ...

     
     Pasti kalian kalau ingin melihat isi yang ada di dalam kulkas, membuka kulkasnya dulu kan ? Nah dengan adanya inovasi IoT ini kita tidak perlu lagi membuka kulkas untuk mengetahui isi didalamnya namun hanya dengan mengeceknya menggunakan smartphone yang telah terhubung dengan kulkas tersebut. Waaww canggih bingitss.

    b) Colokan Listrik Pintar

Jual Alexa Smart Plug Colokan Listrik Pintar Wireless - Jakarta ...

     Kalau yang satu ini, kita tidak lagi menekan saklar atau tombol on off pada alat elektronik yang kita punya, namun hanya dengan bermodalkan smaerphone dan wifi yang terhubung dengan alat elektronik tersebut kita dapat menyalakan ataupun mematikannya dengan mudah dan cepat. Misalnya kalian beraktivitas diluar rumah dari pagi hari dan pulang tengah malam, dan ingin menyalakan lampu dirumah saat waktu gelap tiba, kalian tinggal menyalakan lampu tersebut melalui smartphone kalian dimanapun kalian berada. Easy kaaannn ??

    c) Alarm Anti Lupa
Mengenal Aksesori Smart Alarm Kanasecure W20 (Bagian I) - KANA Secure

     Nah kalau yang satu ini cooccokk banget untuk kalian yang pikun akut haha, dengan adanya alarm anti lupa ini kalian akan diingatkan melalui aplikasi ponsel sehingga kalian tahu hal apa saja yang kalian lupa kerjakan, seperti memastikan semua pintu telah terkunci, memberi makan hewan peliharaan, mematikan keran kamar mandi dan lain sebagainya.


Keuntungan Teknologi Web

1. Robot Chat
Cute smiling robot,chat bot - Stock Illustration [45281297] - PIXTA

Kalian pasti pernah melihat atau bahkan menggunakan robot chat ini. Teknologi web robot chat yang sangat membantu saat pengunjung website kebingungan dan ingin bertanya. Contohnya saat kalian ingin mananyakan sebuah produk yang dijual apakah produk tersebut masih ready stock, keadaanya tidak cacat dan lain sebagainya atau mungkin kalian kebingungan saat menggunakan sebuah website, kalian bisa langsung menanyakan itu smua pada kolom yang biasanya muncul di kanan atau kiri bawah pada sebuah website.

2. Responsif  Desain Website

6 Tahapan Membuat Website Baru yang Harus Diketahui

Sebuah website wajib hukumnya memiliki desain yang responsif karena para pengunjung website tidak hanya membukanya dari satu device saja melainkan dari beberapa device seperti samrtphone, laptop, tablet. Jadi website perlu didesain dengan responsif agar lebih diminati dan mempermudah pengunjung melakukan aktivitasnya masing - masing. Push notifikasi ini memiliki arti yang sangat besar bagi para website berbasis toko online maupun portal berita yang sering dikunjungi oleh para netizen (para pengguna internet). Dengan teknologi web yang satu ini para pengunjung akan mendapatkan informasi terbaru yang ada di website sehingga pengunjung tidak akan ketinggalan jika ada berita update atau promo yang ada di toko online.

3. Web Push Notifikasi

3 Layanan Web Push Notification Gratis, Terbaik, Wajib Coba !

Push notifikasi ini memiliki arti yang sangat besar bagi para website berbasis toko online maupun portal berita yang sering dikunjungi oleh para netizen (para pengguna internet). Dengan teknologi web yang satu ini para pengunjung akan mendapatkan informasi terbaru yang ada di website sehingga pengunjung tidak akan ketinggalan jika ada berita update atau promo yang ada di toko online favorite.


Nah itulah pembahasan kita tentang teknologi web. Fakhita harap semoga kalian dapat memahami pembahasan kali ini dan dapat memberi manfaat bagi siapa pun yang membacanya. See u on my next bacaan, jangan lupa share ilmu ini ke teman - teman kalian yaa, baibai :)


Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security