Penjelasan Mengenai Cyber Security


Subsidie voor verbeteren cyber security tot € 200.000 | Subvention


Holla manteman online ku, welcome back to my blog !
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Penjelasan Mengenai Cyber Security


Pengertian Cyber Security

What is Cyber Security? | Introduction to Cyber Security | Cyber ...

Masih adakah diantara kalian yang belum mengenal istilah cyber security ? Nampaknya sudah banyak diantara kita yang mengenal istitalh ini yakan ? Istilah yang sering digunakan untuk menjaga keamanan server yang kita punya. Nah untuk lebih jelas lagi, mari lihat pengertian tentang cyber security dibawah ini
  • Cyber security adalah suatu sistem dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dimana ia dapat merancang dan memproses agar dapat melindungi mobile devices, komputer, jaringan, sistem elektronik, program data dan lain sebagainya dari berbagai ancaman dan serangan yang ada.
Dari pengertian diatas kita semua pasti sudah membayangkan kan apa iti cyber security ? Nah dengan adanya cyber security ini semua alat elektronik yang menggunakan sistem teknologi dan informasi dapat terlindungi dari berbagai ancaman yang kita semua tidak inginkan.


CIA Triad

The Three Goals of Cyber Security-CIA Triad Defined | Preferred IT ...

Kenapa yaa CIA triad atau segitiga CIA selalu berhubungan dengan cyber security ? Karena CIA ( Confidentiality, Integrity, Availabilitiy) merupakan prinsip paling dasar yang dirancang untuk menjaga keutuhan sebuah server demi melindungi informasi penting yang ada pada suatu organisasi. CIA terdiri dari 3 unsur dan kita akan membahasnya satu per satu secara singkat.
  1. Confidentiality.
    Pada unsur ini, privacy lah yang paling diutamakan untuk dilindungi, jadi hanya pihak - pihak yang memiliki hak akses yang dapat mengakses informasi dari sebuah sistem. Jadi pihak luar tidak dapat mengaksesnya, hal ini dilakukan demi menjaga keamanan, rahasia, dan privacy.
  2. Integrity
    Integrity atau integritas bertugas untuk menjaga agar konsistensi dan keakuratan data tetap terjamin. Dimana semua data yang ada tidak dapat diubah begitu saja oleh pihak - pihak yang tidak memiliki hak akses atau yang tidak berkepentingan di dalamnya. Di unsur ini juga menyangkut izin dan juga batasan akses pada file - file yang diinginkan
  3. Availibity
    Disini lah adanya jaminan bahwa file atau data yang diakses dapat dikelolah dengan baik oleh pihak - pihak yang berkepentingan saja. Dan jangan lupa untuk selalu memelihara sistem oprasinya agar dapat terus berfungsi sesuai sebagaimana mestinya.

Manfaat Cyber Security

Pentingnya Cyber Security - Phintraco Ekasarana

Manfaat utama dari cyber security yang paling umum adalah untuk menjaga serta melindungi server dari pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab dimana ia dapat mengakses maupun memanfaatkan sistem teknologi dan informasi milik orang lain atau  milik suatu perusahaan. Maka dari itu kita semua sangan amat dianjurkan untuk menggunakan cyber security pada setiap perangkat teknologi dan informasi yang kita miliki. Perangkat yang menggunakan cyber security saja kadang masih bisa dibobol hacker atau virus, apalagi yang tidak pakai sama sekali.


6 aspek dari Cyber yang ada di Indonesia, yaitu :
  1. Cyber Space ( Internet )
  2. Cyber Threat ( Ancaman cyber )
  3. Cyber Attack
  4. Cyber Security itu sendiri
  5. Cyber Crime
  6. Cyber Law


  Lingkaran cyber ini berasal dari adanya Internet atau yang sering kita istilahkan sebagai cyber space yaitu arena virtual yang terbentuk karena adanya berbagai sumber daya komputasi yang saling menghubungkan antar satu dengan yang lainnya. Nah maka dari itu kian hari internet ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan kita . Salah satu manfaat adanya internet yaitu kita dapat berinteraksi antar satu sama lain walaupun terbentang jarak yang sangat jauh, melalui internet kita juga dapat bertransaksi dengan pihak - pihak yang kita butuhkan. Artinya, nilai internet ini semakin hari semakin meningkat maka tidak heran jika risiko yang dihadapi kini juga semakin tinggi. Pepatah mengatakan bahwa "semakin tinggi pohon, semakin lebat buahnya dan semakin kencang angin menerpanya". Maka setelah cyber space ada yang namanya cyber threat atau ancaman cyber. Jika ancaman itu menjadi kenyataan maka itulah yang dinamakan cyber attack. Dimana - mana jika kita diserang maka kita akan melindungi diri kita yakaan ? Nah dari situlah muncul konsep yang bernama cyber security. Pada aspek cyber security kita berusaha sekeras mungkin menjaga dan melindungi diri kita dari berbagai ancaman yang ada dengan menggunakan senjata - senjata yang ampuh. Namun kadang jika kita sudah memakai senjata, masih saja ada pihak - pihak yang tetap ingin menjatuhkan atau merusak maka potensi yang dihasilkan berupa pidana dan perdata atau yang sering disebut dengan cyber crime. Cyber crime ini tidak hanya dapat dihindari secara teknis tetapi juga harus ada backup dari penegakan hukum maka dari itu muncullah yang namanya cyber law. Dan yang namanya hukum pasti selalu ketinggalan dengan kecepatan teknologi, maka dari kita balik lagi pada aspek pertama yaitu cyber space. Inti dari semua aspek ini adalah lingkaran yang tak berkesudahan atau lingkaran yang tiada akhirnya dan akan terus seperti itu.


Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cyber security. Semoga dapat memberi manfaat bagi para readers dan jangan lupa share informasi ini ke teman - teman kalian yaa. Sekian dulu pembahasan kita kali ini and see you on my next bacaan, baibaiii :)


Referensi 

Komentar