Internet Of Things



Peluang Penggunaan Internet of Things (IoT) pada Pilkada – Youth ...

Holla manteman online ku, welcome back to my blog !
Pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang Internet Of Things atau biasa juga kita kenal dengan IOT.

Tren teknologi 2019: “Akhir kebenaran?” - ItWorks

Pengertian Internet Of Things

Sehari - hari kita sangat dekat dengan Internet of Things atau IoT namun hanya saja kita kurang begitu menyadari kehadirannya, karena sekarang kita hidup di zaman dimana Internet yang kita gunakan sehari - hari ini tidak hanya mengubungkan antar sesama manusia melainkan ia juga dapat menghubungkan antar benda yang satu dengan benda yang lainnya. IoT itu sendiri pertama kali hadir pada tahun 1999 oleh Kevin Ashton dan mulai terkenal melalui Auto - ID Center di MIT.
Nah untuk lebih jelasnya kita harus memahami pengertian  dari Internet of things secara umum, yaitu :

Internet Of Things merupakan suatu konsep teknologi yang terkemuka dimana dengan pemanfaatan jaringan internet kita dapat menghubungkan suatu perangkat ke objek lain sesuai keinginan dimana pun dan kapan pun tanpa harus memikirkan jarak, dilakukan secara virtual dan tentunya wajib memiliki struktur yang berbasis internet.

Seperti pengertian diatas, kita dapat memahami bahwa dengan adanya internet of things segala aktivitas kita dapat dilakukan dengan mudah. Bayangkan saja jika semua benda disekitar kita sudah menerapkan sistem internet of things, waahh pasti hidup tidak ada bebannya lagi hehee apalagi kita tidak perlu dibatasi dengan jarak, karena internet of things ini sudah terlibat dalam sektor internet dengan teknologi nirkabel dan micro-electromechanical system (mems). Penerapan internet of things ini dapat dilakukan pada benda - benda sekitar kita maupun benda yang letaknya jauh dari jangkauan kita. Contoh benda yang sudah menerapkan sistem internet of things ialah kulkas pintar, nah dengan menggunakan smartphone yang kita punya, kita dapat melihat apa saja yang ada di dalam kulkas tanpa harus membuka kulkas tersebut, jika sedang berada diluar rumah kita dapat mematikan atau menyalakan lampu hanya dengan menekan tombol dari layar smartphone yang kita punya dan yaa lampu itu akan melakukan aktivitasnya sesuai dengan penrintah yang kita beri dan harus dipastikan kalau smartphone dan benda - benda tersebut sudah terkoneksi antar satu sama lain.

Untuk contoh - contoh lain dalam penerapan sistem internet of things ini saya sudah pernah bahas sebelumnya pada blog saya yang berjudul "Teknologi Web" atau kalian bisa langsung klik link inihttps://pingkyunicorn.blogspot.com/2020/04/teknologi-web.html untuk melihat langsung contoh - contoh tersebut.


Unsur - Unsur Pembangun Internet Of Things

Dalam membangun internet of things tentukan kita memerlukan unsur atau pondasi yang mendasari terbentuknya internet of things agar internet of things yang kita buat dapat berjalan dan berkembang sebaik mungkin. Berikut beberapa unsur pembangun dari internet of things :

1. Konektivitas
    Yaa tentu saja untuk menghubungkan suatu perangkat ke objek lain dalam internet of things sangat perlu adanya konektivitas agar perangkat dan objek tersebut dapat terhubung dan bertukar informasi dengan mudah dan efisien.

2. Sensor
   Dalam membangun konektivitas tadi tentu dibutuhkan sensor yang sangat canggih dan akurat agar dapat menerima dan mendapatkan informasi yang dikirim dari perangkat lain. Nah sensor ini lah yang membuat internet of things menjadi menarik dan beda dari mesin - mesin kebanyakan karena dengan menggunakan sensor kita dapat mengetahui berbagai hal yang terjadi seperti : gerakan, panas, dingin, suhu, udara dan lain sebagainya.

3. Perangkat yang berukuran lebih kecil
   Seperti yang kita amati dan rasakan bahwa semakin berkembangnya teknologi maka semakin kecil pula perangkat yang diciptakan, walaupun semakin kecil namun kekuatan dan kecanggihannya jangan diragukan lagi apalagi kalau soal biaya, tentunya akan jauh lebih bersahabat dengan kantong kita. Nah perangkat kecil ini menjadi unsur dari internet of things yang akan meningkatkan daya kerja baik itu dalam hal skalabilitas, kecepatan maupun fleksibilatasnya.

4. Keterlibatan Aktif atau Active Engagement
  Untuk mewujudkan unsur - unsur diatas, hal terpenting lainnya yaitu wajib untuk malakukan keterlibatan aktif dalam memegang peran di internet of things ini, karena internet of things sangat berbeda dengan mesin - mesin sebelumnya yang hanya membutuhkan pengawasan pasif, maka internet of things ini kita harus terlibat dalam berbagai hal, contohnya dalam melakukan pelayanan, pengawasan aktivitas dan lain sebagainya.

Internet of things sebenarnya mendorong dan 'menuntut' kita semua agar menjadi orang - orang yang cerdas dimana kita dapat lebih efisien dalam menggunakan waktu, tenaga, dan uang dalam kehidupan sehari - hari kita.

Nah itulah tadi pembahasan kita mengenai internet of things. Semoga bermanfaat bagi teman - teman yang membacanya, jangan lupa share ke teman - teman kalian and see you on my next bacaan, bai baiii :)



Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security