Cloud Computing


Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing yang Wajib Diketahui ...


Holla manteman online ku, welcome back to my blog !
Kali ini kita akan membahas tentang Cloud Computing yaa, jadi bagi kalian yang belum paham apa itu cloud computing yuuukk baca penjelasannya dibawa ini.


Pengertian Cloud Computing

Cloud computing atau komputasi awan adalah sebuah perkembangan teknologi yang menggabungkan pemanfaatan dari teknologi komputer atau komputasi dan pengembangan berbasis internet atau awan yang dimana awan adalah metafora dari internet. Jadi hal ini dapat memungkinkan terjadinya proses mengakses data, pengolahan data serta pengaplikasian data melalui jaringan internet.
Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan tersimpan secara sementara di komputasi pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, handheld, sensor - sensor, monitor dan lain - lain.
Kalau secara singkatnya begini manteman, jika di handphone kalian ada banya foto, vidio atau file - file, kalian harus memasukkan semua itu ke cloud computing kalian karena jika sewaktu - waktu semua data di komputasi atau handphone kalian terhapus atau kalian ganti handphone, kalian masih memiliki 'cadangannya' di cloud kalian, dan itu berarti semua file kalian aman terkendali dan tidak ada lagi istilah file hilang. Jama sekarang file hilang ? haduuuhhh ....


Cara Kerja Cloud Computing

      Teknologi cloud computing ini menjadikan internet sebagai pusat servernya dalam mengelola data - data yang kita punya. Sistem ini sangat memudahkan para user untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program maupun aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut jadii kita tidak perlu khawatir yaa soal storage  pada perangkat kita cukup atau tidak. Nah karena kita tidak perlu lagi untuk menginstal aplikasi, maka dari itu media penyimpanan data dari user disimpan secara virtual. Kemudian semua perintah itu digunakan oleh user untuk melanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintahnya di terima oleh server aplikasi, maka data akan di proses dan akhirnya user akan disuguhkan/menerima halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah yang telah diberikan sebelumnya.


Manfaat Cloud Computing
  • Aksesibilitas, kita dapat mengakses data kapan pun dan dimana pun kita berada asalkan terkoneksi dengan internet, semuaa amaann.
  • Skalabilitas, dengan adanya cloud computing ini kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data yang kita punya tanpa harus membeli peralatan tambahan, seperti flashdisk, hardisk dan lain - lain. Jadiii kita bisa hemat biaya atau biaya itu di gunakan untuk keperluan yang lain, asiik.
  • Keamanan, tenang saja manteman semua data yang kita punya di cloud computing bisa terjamin keamanannya, nah ini juga dapat memberi keuntungan bagi para perusahaan yang mempunyai data - data penting karena datanya akan terjamin dan ditambah lagi pihak perusahaan tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk mengamankan semua data - data yang mereka punya.
  • Kecemasan, jika sewaktu - waktu terjadi hal - hal yang kita tidak inginkan terjadi yang membuat data - data kita hilang di komputer, flashdisk atau hardisk yang kita punya, data kita masih aman tersimpan di cloud.


Tiga Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanannya

Propuesta de una Arquitectura Cloud Computing como soporte a la ...


1. Software as a Service (SaaS)
    Software as a service merupakan layanan cloud computing dimana user langsung dapat menggunakan aplikasi yang telah disediakan dengan koneksi internet yang di kita miliki. Aplikasi ini berupa penyediaan perangkat lunak atau software. Contohnya : layanan E-mail seperti Gmail, Yahoo, Mail dan Microsoft Outlook; layanan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan lain sebagainya.

2. Platform as a Service (PaaS)
    Platform as a service merupakan layanan cloud computing yang siap pakai karena sudah terdapat sistem oprasi, database, web server dan framework aplikasi (codelgniter, laravel, symfony, slim, lumen dan lain - lain). Layanan ini dapat kita gunakan dalam pembuatan aplikasi Keuntungan layanan PaaS bagi pihak yang menggunakannya adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contohnya Amazon Web Service dan Windows Azure dan lain sebagainya.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)
    Infrastructure as a servise merupakan layanan cloud computing yang menyediakan infrastuktur IT yang ready untuk digunakan secara langsung, infrasturktur ini berupa : Storage/penyimpanan, CPU, RAM, Bandwith dan beberapa konfigurasi yang lainnya. Dengan tersedianya komponen - komponen yang dibutuhkan user maka layanan yang satu ini dapat berupa komputer namun versi virtualnya yaa. Jadi keuntungan IaaS adalah user dapat menghemat biaya atau budget karena tidak perlu lagi membeli komputer fisik. Nah layanan ini juga menyediakan storage tambahan jika storage yang kita miliki sudah full. Perusahaan yang menyediakan layanan IaaS yaitu : Telkomcloud, Amaxon EC2, BisNetCloud dan lain sebagainya.


Jenis - Jenis Cloud Computing Berdasarkan Penggunanya

Cloud computing part2-Inside the cloud-Talwork


1. Private Cloud
    Private cloud hanya dapat digunakan oleh satu perusahaan atau organisasi tertentu saja (secara privete, tidak dibagi ke pengguna atau pihak lain) Private cloud ini sering digunakan perusahaan sebagai tempat interaksi bisnis dimana sumber daya cloudnya dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita dan dioprasikan hanya pada perusahaan yang sama.

2.Community Cloud
   Community cloud digunakan untuk user yang berbasis organisasi, komunitas, atau institusi. Cloud jenis ini disediakan bagi para organisasi yang memiliki tujuan bersama pada masing - masing organisasinya. Hanya dapat dikelola oleh organisasi yang bersangkutan sehingga biaya pembayarannya bisa di tanggu oleh pihak - pihak tersebut.

3.Public Cloud
   Public cloud dapat diakses oleh siapa saja tanpa adanya keterkaitan satu sama lain. Jenis cloud ini tidak memungut biaya alias gratisss. Contoh layanan public cloud berupa sosial media yang sering kita gunakan sehari - hari seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube atau jenis sosial media yang lainnya dan juga layanan email seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, dan lain sebagainya. Karena public cloud tidak perlu mengeluarkan biaya jika digunakan maka ia juga memiliki kelemahan yaitu kita perlu memilih provider dan hosting yang terpercaya untuk menjaga keamanan data yang kita punya.

4. Hybird Cloud
    Hybird cloud merupakan gabungan dari layanan private cloud dan public cloud sehingga hanya pihak tertentu saja yang dapat mengaplikasikan layanan hybird cloud ini. Layanan hybird cloud memiliki interaksi yang sering disebut B2B (Business to Bussiness) atau B2C (Bussiness to Consumer). Jadi sumber daya komputasinya dapat terkait satu sama lain namun dengan cloud yang berbeda.


Contoh Cloud Computing
Cloud Computing | Suara nada nada KEHANCURAN cinta
https://images.app.goo.gl/8GB3Qvw77hr3hq9t5


Keuntungan Cloud Computing

1.  Akses yang mudah, kita tidak perlu lagi stay at komputer namun kita dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja cukup dengan meggunakan smartphone yang kita bawa kemana - mana.

2. Efisiensi biaya, dengan adanya cloud computing kita tidak perlu lagi mengerluakan budget untuk membeli fasilitas tambahan seperti flashdisk maupun hardisk.

3. Fleksibilitas, ketika data yang kita punya cukup besar maka cloud computing akan secara otomatis akan menambah kapastitas hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning sehingga tidak perlu lagi memerlukan banyak waktu dan melakukan penambahan unit komputer.


Kelemahan Cloud Computing

1. Ketergantungan internet, seperti yang kita tau cloud berkerja pada layanan internet jadi kita hanya dapat menggunakan cloud computing jika terkoneksi dengan jaringan internet. Maka dari itu jika koneksi internet mati maka secara otomatis akses ke cloud computing terputus

2. Keamanan informasi dan privacy pengguna, jika menggunakan teknologi cloud maka data kita tersimpan di dalam server yang dimana server tersebut bukan hanya milik kita sendiri namun milik juataan bahkan milyaran orang lainnya jadi kasus seperti pencurian data merupakan hal yang sudah biasa terjadi.

3. Ketersediaan dan kelayakan infrastuktur, tentu saja setiap layanan memiliki kemampuan yang berbeda - beda yakan, nah hal ini juga terjadi pada cloud computing dimana cloud providernya kadang tidak konsisten dalam memberikan layanan mereka.


Nah itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenasi cloud computing. Smoga pembahasan kali ini dapat memberi manfaat dan ilmu lebih bagi kita semua. Jangan lupaa share informasi ini ke teman - teman kalian yaa. See u on my next bacaan, bai baiii :)



Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security