Teknologi Mobile




Holla manteman online ku, welcome back to my blog !
Kali ini kita masih akan membahas seputar teknologi seperti pembahasan kita kemarin. Kalau kemarin telah kita membahas tentang teknologi web nah kali ini kita akan membahas tentang Teknologi Mobile.

Kalian tau kan, semakin hari teknologi yang ada akan semakin canggih. Begitu pula yang terjadi pada alat yang 'wajib' ada di tangan kita tiap menitnya, yaappss betul skali perangkat teknologi mobile/seluler. Teknologi mobile 


Pengertian Teknologi Mobile
  
Sebelum kita mengetahui apa pengertian dari teknologi mobile, kita cari tau dulu apa pengertian dari teknologi itu sendiri.
  •  Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani). Techno artinya 'keahlian' dan logia yang berarti 'pengetahuan'. 
Menurut ahli yang bernama Read Bain (1937) seorang sosiolog yang berasal dari Amerika mengatakan bahwa "Teknologi pada dasarnya meliputi semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, dimana hal ini memungkinkan kita sebagai seorang manusia dapat menghasilkan semua itu".  
Berdasarkan pendapat Bain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan segala sesuatunya yang bisa diciptakan dan juga dibuat oleh seorang atau sekelompok manusia yang kemudian bisa memberikan nilai dan manfaat bagi sesama.  
  • Teknologi mobile adalah sebuah sarana yang diciptakan sebagai alat komukasi mobile/seluler yang bersumber dari berbagai macam tipe alat komunikasi tanpa menggunakan kabel (wireless/nirkabel). Berdasarkan pendapat Bain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan segala sesuatunya yang bisa diciptakan dan juga dibuat oleh seorang atau sekelompok manusia yang kemudian bisa memberikan nilai dan manfaat bagi sesama.

Perkembangan Teknologi Mobile

Investing in 5G Technology - Jason Thomson - Medium

Kalian tau arti "G" pada setiap perkembangan teknologi 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G ? Nah maksud "G" ini adalah singkatan dari Generasi. Teknologi sekarang sudah sangat meningkat pesat dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya. Yuk pelajari apa maksud dari semua generasi ini !
  • GPRS ( General Packet Radio Service ) adalah teknologi yang digunakan untuk mengirim dan menerima paket data. GPRS biasa disebut dengan teknologi 2.5G. Secara teori GPRS memiliki kecepatan untuk mengakses kisaran antara 56 kbps sampai 115 kbps. Fasilitas atau layanan yang diberikan GPRS yaitu e-mail, mms (pesan gambar), browsing, internet.
  • EDGE ( Enhanced Data for Global Evolution ) adalah perkembangan teknologi dari GSM yang memiliki kecepatan lebih cepat 3x lipat dari pada GPRS. Kecepatannya 384 kbps. Layanan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan GPRS yaitu e-mail, mms (pesan gambar), dan browsing).
  • UMTS ( Universal Mobile Telecommunication Service ) adalah hasil perkembangan dari EDGE. UMTS biasa disebut sebagai generasi ke tiga atau 3G. Selain memberikan akses internet seperti GPRS dan EDGE, UMTS juga memberikan layanan video streaming, video conference dan video calling. Kecepatan yang dimiliki UMTS yaitu 480 kbps.
  • HSDPA ( High Speed Downlink Packet Access) adalah perkembangan akses data selanjutnya dari UMTS atau generasi ke tiga (3G). HSDPA biasa disebut juga dengan generasi 3.5 G karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Walaupun kecepatan yang dimiliki masih sama dengan UMTS yaitu 480 kbps, namun HSDPA ini pastinya memiliki performa yang lebih cepat.

1. Teknologi Generasi 1G

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G DAN 5G


Sejarah dan Perkembangan jaringan 1G sampai dengan 5G (Lengkap ...

     Jaringan 1G pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980. Jaringan ini hanya dapat digunakan untuk menelfon biasa juga disebut dengan "telepon batu bata" sebutan ini dikarenakan bentuk telponnya yang hanya berbentuk kotak besar yaa seperti batu bata gitu deh haha. Teknologi ini menggunakan sistem analog dimana pengiriman informasinya menggunakan bantuan gelombang elektromagnetik dan sifatnya berkelanjutan, itulah mengapa jaringan ini sangat amat terbatas.
  • Kemampuan :  Dapat melayani komunikasi walaupun hanya berbentuk suara.
  • Kekurangan : Keterbatasan dalam melayani komunikasi data karena hanya memiliki kecepatan 2,4 kbps sehingga terjadi derau intemodulasi atau suara yang dihasilkan tidak jernih.


2. Teknologi Generasi 2G
2g Vector Images (34)

     Jaringan ini muncul pada awal tahun 1990-an. Generasi ke dua ini telah berubah dari teknologi analog menjadi teknologi digital dan merupakan upgrade dari generasi pertama karena selain menelfon, kita juga dapat SMS ( Short Message Sevice ) layanan dua arah untuk mengirim pesan sebanyak 160 karakter  dengan mengandalkan Quallcomm pertama yang dibuat yaitu GSM ( Global System for Mobile ) dan CDMA ( Code Division Multiple Access ).
  • Kemampuan : Layanan yang disediakan lebih banyak dan kapasitas juga lebih besar, seperti mengirim SMS, voice mail, call waiting dan tranfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps ( bit per second )
  • Kelemahan : Kecepatan transfer datanya masih tergolong rendah. Jangkauan jaringan masih sangat terbatas dan bergantung dengan adanya BTS ( Base Transceiver Station ) atau cell tower.

3. Teknologi Generasi 3G

phone, Phone Set, symbols, signal, interface, symbol, Connection icon

     Teknologi 3G ini diperkenalkan pada tahun 2001. Kecepatan datanya mencapai 2 mbps untuk local atau indoor dan 384 kbps untuk wide area sehingga user dapat melakukan komunikasi seperti panggilan suara dan video call lebih jernih dan lebih cepat karena pada teknologi ini mengandalkan fitur high speed data access. Selain panggilan suara dan video call, teknologi 3G juga dapat mengakses internet, browsing, memilih program musik atau games yang diinginkan dengan mudah, dan dengan kecepatan yang dimilikinya kita juga dapat mengakses video conference dan video streaming lainnya. Infrastruktur 3G dapat mensupport banyak oprator lokal yang sama, dan dapat roaming nasional maupun internasional


4. Teknologi Generasi 4G

4g - Jammu Kashmir Latest News | Tourism | Breaking News J&K

     Teknologi 4G/LTE ( Long Term Evolution ) diterbitkan pada tahun 2008 dan masih digunakan hingga saat ini walaupun teknologi 5G juga sedang tumbuh - tumbuhnya. Generasi ke empat ini memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dengan kecepatan yang dimiliki  1 Gbps jika didalam rumah dan 100 Mbps jika diluar rumah, yaa walaupun tidak selamanya seperti ini juga, itu kembali lagi pada kecepatan jaringan yang kita dapat. Teknologi ini dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana data, suara dan arus multimedia dapat sampai ke user dimana saja, kapan saja dan pastinya dengan kapasitas yang lebih tinggi dari generasi - generasi sebelumnya.
  • Kemampuan : Karena jaringan yang disediakan lebih besar sehingga kita dapat internetan dengan nyaman karena kecepatannya yang mantaapp pooll.
  • Kelemahan : Jaringan 4G ini belum menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia karena dalam pengadaan jaringan ini dibutuhkan biaya yang cukup besar. Jaringan 4G tidak dapat digunakan pada perangkat 3G maka dari itu kita membutuhkan perangkat khusus seperti smartphone atau hp yang telah menggunakan atau telah disuppor teknologi jaringan 4G ini. Jadi jika kalian hanya memiliki hp yang menggunakan teknologi 3G kalian harus beli hp baru dulu yaa hehe.

5. Teknologi Generasi 5G

Tiongkok Luncurkan 5G, Jaringan Komersial 5G terbesar di dunia ...

        Teknologi 5G yang sedang marak pertumbuhannya ini direncanakan resmi dirilis pada tahun 2020, yaapps tahun ini yaa. Dalam teknologi ini belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kelemahannya karena teknologi ini masih berupa konsep. Namun dari konsep tersebut terdapat beberapa tujuan utama dari teknologi 5G yaitu kecepatan trasnfer data yang pastinya jaauhh lebih cepaattt dibandingkan jaringan 4G, dan kecepatan yang dimiliki 5G sekitar 8000 Gbps atau sekitar 80 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya dan memiliki kemampuan transfer data hanya dalam satu mili detik, waaww satu mili detik kebayangkan sepecepat apaaaa teknologi jaringan ini. Kita bisa download sekitar 30 film hanya dalam beberapa detik saja. 5G juga dapat terkoneksi dengan perangkat - perangkat selain telepon genggam seperti mobil, tv, alat rumah tangga dan tentunya alat - alat yang telah menggunakan sistem IoT.


    Perbedaan Mobile Computing, Mobile Device, dan Mobile Technology
    • Mobile Computing merupakan aktivitas komputasi sambil bergerak dan melakukan pekerjaan komputasi di berbagai tempat melalui perangkat yang dapat di pindahkan.
    • Mobile Device merupakan perangkat yang dapat dipindah - pindah. Ukurannya harus kecil, ringan, wireless dan menggunakan baterai, contohnya smartphone, tablet dan laptop.
    • Mobile Technology merupakan aktivitas teknologi yang memungkinkan untuk melakukan pekerjaan komputasi sambil bergerak.
    Karakteristik Mobile Technologhy
    1. Ubiquitous Learning, belajar yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
    2. Location Awareness, perangkat mobile yang memperhatikan lokasi kita berada dimana dengan menggunakan fitur mobile seperti gps atau google maps.
    3. Adaptation, dapat beradaptasi dengan network atau jaringan internet.
    4. Broadcast, menyebarluaskan informasi secara otomatis.
    5. Personalization, sifatnya sangat personal atau pribadi.

    Nah itulah tadi beberapa penjelasan singkat tentang teknologi mobile. Menurut manteman online generasi selanjutnya akan sekeren apa yaa ?? 5G saja sudah kereen paraah apakabar generasi generasi selanjutnyaa, waah nggak sabar nih liat suprise suprisenya.
    Sekian dulu pembahasan kali ini, smoga dapat memberi manfaat bagi para pembaca dan jangan lupa share ilmu ini ke teman teman kalian yaa, see u on my next bacaan, bai baaii :)



    Referensi 

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Penjelasan Mengenai Cyber Security