Apa sih perbedaan antara Sistem Informasi dan Teknik Informatika ?

     Hollaaa manteman online ku !! Welcome to my blog, naah di sini saya akan membuat sesi "yuk belajar yuk" untuk kita semua agar memiliki semangat belajar atau rasa ingin tau yang tinggi dan mendorong minat baca kita semua, karena dari hal sederhana seperti membaca ini kita bisa mendapatkan banyaaakk ilmu yang pastinya akan berguna dikehidupan kita. Berhubung ini tulisan pertama ku di dunia per-blog-kan jadi sebelum kalian mulai membaca, saya mau memperkenalkan diri dulu dong pastinya. Nama saya Fakhita Nur Aziza and you can call me fakhita. Saya kuliah di STMIK Kharisma Makassar jurusan Sistem Informasi angkatan 2019. Yaa benar, sekarang status saya maba (mahasiswa baru). Awalnya saya bingung mau pilih jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi, tapi sekarang sayaa sudah menjatuhkan hati pada jurusan Sistem Informasi <3. "kenapa lebih memilih Sistem Informasi ?", naahh penasaran kan? yukk baca penjelasan ku di bawah ini yaaa, enjoooyyy!!

Mengenal Sistem Informasi dan Teknik Informatika

     Pada dasarnya Sistem Informasi dan Tektik Informatika berada dalam dunia yang sama. Kata orang - orang sih perbedaan antara jurusan ini mirip halnya dengan jurusan kedokteran dan kesehatan masyarakat, yang satu menangani teknisnya dan satunya lagi menangani manajerialnya. Dokter bertugas mengobati pasien dan sarjana kesehatan masyarakat bertugas mengelolah rumah sakit, puskesmas atau lembaga kesehatan lainnya.

    *Sistem Informasi (SI)
      Sistem informasi  merupakan jurusan yang menggabungkan antara ilmu komputer, bisnis dan manajemen. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar gimana cara mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis dalam perusahaan berdasarkan data - data yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, namun  mengolah data menjadi bentuk yang berguna bagi para pengguna, wajib hukumnya mencangkup tiga pilar di bawah ini :
  1. Relevance : Tepat kepada pihak yang bersangkutan
  2. Timeliness : Tepat waktu
  3. Accurate : Akurat / tepat nilainya.
Menurut Ahli yang bernama John F Nash mengatakan bahwa " Sitem Informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditunjukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakaian intern dan ekstern, dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat".
Keuntungan saat menjadi lulusan Sistem Informasi

  1. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di era seperti sekarang ini, so pasti jurusan inilah yang akan sangat menjanjikan. mengertikan maksudnya? hehe.
  2. Ilmu yang dipelajari selama kurang lebih 8 semester ini sangat aplikatif jadi bisa memudahkan kamu dalam beradaptasi di lingkungan kerja.
  3. Karna kamu mempunyai keterampilan dalam mendesain web dan sejenisnya, alhasil buaanyyaakk instanti atau perusahaan yang melirik - lirik manjaah kamu untuk bergabung menjadi salah satu bagian dari instanti atau perusahaannya. Selain dilirik, kamu pun bisa membuka perusahaan atau instanti sendiri daann kamu juga bisa membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak. waww dermawan skali ya kamu.

Terus nanti kalau sudah lulus kuliah, kerjanya dimana ?
Santaaii manteman online ku, jangan panik. Selama kamu berkopeten dalam bidang ini, kamu memiliki peluang karier yang sangaaatt besar dan karier yang di tawarkan pun beragam & menjanjikan dong pastinya. Jadi ilmu yang kamu dapatkan selama proses perkuliahan tidak akan sia - sia dan sudah selayaknya kamu banggakan karna kelak akan menjadi bekal yang sangat berharga di dunia pasar tenaga kerja. Kenapa harus bangga? yaa karna kamu akan dilirik oleh perusahaan untuk membangun sistem yang menjembatani antara programmer dan user . Nah ini ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti :
  1. Application Engineer,
  2. Konsultan IT,
  3. Dosen,
  4. Data Scientist,
  5. Programmer atau Soft Developer,
  6. Staf Ahli Informasi medis (rekam medis),
  7. Digital Marketing,
  8. Research And Development (RnD),
  9. Technopreneur, dan masih banyak lagi deh pokoknya.

     *Teknik Informatika (TI)
       Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat yang cukup besar pada setiap tahunnya karna pada jurusan ini kita akan belajar gimana cara menggunakan teknologi secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Selama proses perkuliahan kamu akan banyak mempelajari pemograman dan komputasi. Jadi, selama kurang lebih 4 tahun kuliah kamu akan akan dibekali dengan ilmu dan keterampilan untuk merancang serta  mengembangkan perangkat lunak, computer vision, robotica, intelligence system dan hal - hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.
Menurut ahli yang bernama Philippe Dreyfus mengatakan bahwa "teknik informatika merupakan kumpulan dari beberapa disiplin ilmu dan disiplin teknik yang secara spesifik membahas masalah yang berkaitan dengan transformasi atau pengolahan data/fakta simbolik dengan mesin otomatis (komputer)".
 Keuntungan saat menjadi lulusan Teknik Informatika

  1. Perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan peluang kerja lulusan ini semakin luas dengan jenis pekerjaan yang berkelas, jenjang karier beragam dan bergengsi, serta gaji yang tidak kaleng - kaleng.
  2. Di era industri 4.0 ini, lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan oleh instanti pemerintah, BUMN, maupun perusahaan - perusahaan swasta atau perusahaan besar seperti GOOGLE, YAHOO, MICROSOFT, dan lain sebagainya.
  3. Berbekal ilmu, keterampilan dan pengalaman yang diperoleh sewaktu kuliah, kamu bisa mendirikan start-up sendiri lho manteman online. Skalian menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu perekonomian orang - orang yang berbakat juga ya kan?
Kalau sudah lulus nanti, kerjanya dimana ?
Waahh kalau lulusan dari jurusan ini sih akan mudah mendapat pekerjaan karena kamu memiliki nilai jual yang patut dibanggakan. Kamu dibutuhkan untuk merancang dan membangun perangkat lunak serta mengembangkan cara - cara baru yang efektif, efisien dan inovatif guna menangani berbagai masalah komputasi. Secara umum, gaji awal yang akan di peroleh dari lulusan teknik informatika berada dalam kisaran Rp.5.000.000,- tergantung pada kemampuan, jenis pekerjaan dan tempat kerja mu kelak. Nah ini ada pilihan karier yang cocok untuk kamu para lulusan teknik informatika :
  1. Insinyur Aplikasi (Application Engineer)
  2. Game Creator
  3. Game Programmer/Game Developer
  4. Software Engineering
  5. Konsultan IT
  6. Data Scientist
  7. Programmer
  8. Robot Engineer
  9. Dosen
  10. Technopreneur
Gimana manteman online ku, sudah tau kan kamu lebih berkopeten dimana?. Smoga jurusan yang kamu pilih dapat mengantarkan kamu untuk merai kesuksesan kelak yaaa :). Trima kasih buuanyaak sudah membaca, maaf  kalau ada salah kata atau typo mungkin hehe. See u on my next bacaan, baibaiii !!



referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
https://campus.quipper.com/majors/id-sistem-informasi
https://sis.binus.ac.id/2017/09/12/apakah-sistem-informasi-itu-2/
https://sevima.com/kuliah-jurusan-teknik-informatika-belajar-apa-aja-sih/
https://campus.quipper.com/majors/id-teknik-informatika
https://garudacyber.co.id/artikel/1236-pengertian-teknik-informatika-menurut-para-ahli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security