Yuk kenal lebih dekat dengan internet

Internet, pasti kalian sudah sangaatt tidak asing dengan kata yang satu ini kan ? Di era super modern seperti sekarang ini semua kalangan mulai dari anak - anak hingga oma opa kita pasti pernah atau mungkin sering menikmati kecanggihan teknnologi ini. Apalagi para pelajar, internet sudah menjadi penolong utama bagi mereka saat mencari jawaban untuk menyelesaikan tugas - tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen. Biasanya perangkat yang sering digunakan oleh people jaman now untuk mengakses internet yaitu : smartphone, laptop, komputer, dan tablet.

Sebenarnya Apasih Internet Itu ?
Internet atau interconnection networking merupakan sebuah jaringan yang terhubung secara global. Secara teknologi, pendukung yang di pakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol yang sering kita dengar dengan sebutan TCP/IP yang bertugas untuk menghubungkan perangkat - perangkat yang ada di jagat raya ini. Protocol ini berfungsi untuk mengatur jalannya komunikasi data dan transfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya yang berada dalam satu jaringan serta memastikan data tersebut sampai ke alamat yang dituju.
Menurut  salah satu ahli, Supriyanto (2006) "Internet adalah suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang punya sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda-beda, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)."
Fungsi Internet Secara Umum

  1. Sebagai media untuk berkomunikasi, kemunculan internet ini sangat sangaatt membantu kita dalam berkomuniakasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja (ingat yaa asalakan kamu punya akses internet alias kouta/jaringan wi-fi kalau tidak yaa jangan harap deh). Apalagi sekarang sudah banyak beredar aplikasi chatting; telfon; serta vidio call; seperti applikasi WhatsApp, Direct Message pada Instagram, Line, Messenger, dan lain - lain.
  2. Sebagai media untuk mendapat informasi, karena kecanggihan jaman now kita dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai belah pihak, namun kecanggihan ini banyak yang di salah gunakan oleh oknum - oknum yang norak dan tidak bertanggung jawab dalam menggunakan internet, jadi manteman online ku harus pintar - pintar memilah informasi yang di dapat yaa.
  3. Sebagai media untuk bertukar sumber daya, eeitts bukan sumber daya manusia maupun sumber daya alam yaa, tapii sumber daya yang dimaksud disini seperti share foto, vidio, karya, tulisan dan masih banyak lagi deh pokoknya.
  4. Sebagai media untuk mengakses berita, salah satu contohnya kita bisa mendapat berita terkini mengenai virus corona, cara pencegahannya, tanda - tanda yang di terjangkit virus covid19, dan sebagainya, lagi lagi smua  ini karena kecanggihan sehingga kita bisa mendapatkan berita ini itu dengan sangat amat mudah.
Dampak Positif Dalam Menggunakan Internet
  1. Menambah wawasan dan pengetahuan, kita dapat mengetahui berbagai macam wawasan dan pengetahuan dalam berbagai bidang, ini semua karena banyaknya hal - hal baru yang diupload oleh sejumlah pihak ddari berbagai penjuru dunia ini.
  2. Mempermudah pekerjaan, kita dapat mempromosikan jasa atau barang yang di jual agar kita mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.
  3. Mendapat banyak hiburan, kita bisa melihat foto atau vidio yang dapat menghibur kita saat mood kita kurang baik, caranya gimana? yaa buka saja youtube, instagram, facebook atau applikasi lainnya, easy kan?
  4. Belanja Online ? waduuh kalau ini sih racun yaa bagi orang - orang yang sangat fanatic untuk berbelanja  karna uangnya akan semakin cepat lenyap haha soalnya kita bisa BeOl (Belanja Online) dengan mudah, cepat dan murah karena banyak diskon - diskon yang di tawarkan (tambah kalap deh kitee HAHA), jadi tidak heran jika bisnis e-commerce berkembang dengan pesat di dunia khususnya Indonesia.
Dampak Negatif Dalam Menggunakan Internet
  1. Potensi kecanduan internet dan melupakan kewajiban, jadilah pengguna yang bijak yaa manteman online ku, jangan sampai kita terlena dengan kecanggihan ini. 
  2. Konten negatif, informasi yang sangat luuaass membuat semua orang dapat mengaksesnya sehingga tidak jarang kita mendapatkan konten - konten yang berbau dewasa yang tidak seharusnya di share di dunia maya tersebut, terlebih lagi banyak anak - anak yang dapat melihatnya dengan mudah. Jangan rusak generasi penerus bangsa kita yaa manteman online ku.
  3. Cyber bullying, hal ini sangat marak terjadi karena adanya kebebasan berpendapat di interne singga membuat banyak pihak yang merasa paling benar dan ingin menonjolkan dirinya dengan cara menjelek-jelekkan pihak/orang lain.
Istilah - Istilah Dalam Internet
  1. Browsing, metode untuk menjelajahi dunia internet
  2. Chat, program yang diterapkan dalam sebuah jaringan yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan secara real
  3. Domain name, nama khusus dan juga unik yang digunakan untuk penamaan situs web (seperti blog ku ini namanya pingky unicorn karena fakhita sangat cinta dengan unicorn dan warna pink hehe)
  4. Download, transfer data atau file dari sistem yang lebih besar ke sistem yang lebih kecil
  5. E-mail, pesan elektronik yang dikirim dari perangkat pengguna ke perangkat pengguna lainnya yang bisa dilakukan melalui LAN atau internet
  6. HTTP,  protocol yang digunakan untuk mendownload file yang berbasis hypertext
  7. HTML, bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website
  8. Homepage, halaman utama yang ditampilkan dalam sebuah halaman website
  9. Hypertext, dokumen online yang terdiri dari tulisan dan gambar
  10. Hyperlink, link atau sambungan ke sumber lain digunakan untuk membangun sebuah website
  11. Login, proses yang dilakukan user dengan memasukkan username dan password
  12. Log out, proses keluar atau menutup akun yan telah di buka
  13. Search Engine, program yang digunakan untuk mencari informasi sesuai dengan yang diperlukan
  14. Server, sebuah perangkat yang bertugas melayani pembagian dan juga pengolahan informasi yang diperlukan clinet
  15. Client, sebuah perangkat yang bertugas menerima data serta informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan user
  16. Upload, proses pengiriman atau transfer file ke situ web atau sosial media
  17. User, pengguna internet
  18. Website, kumpulan halaman yang diawali dengan halaman utama yang berisikan iklan, informasi, dan lain sebagainya
  19. WWW, Word Wide Web istilah yang digunakan dalam internet.

Semoga bacaan kali ini dapat memberi manfaat bagi  manteman online ku, sekali lagi fakhita mau mengingatkan agar kita tetap bijak sebagai pengguna internet yaa. See u on my next bacaan, baibaii! :)



referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet
https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-internet/
https://idcloudhost.com/pengertian-apa-itu-internet-defenisi-fungsi-manfaat-dampaknya/
https://sisca0108.wordpress.com/istilah-istilah-dalam-internet/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security