Sudah tau belum bagaimana cara kerja internet ?





Holla manteman online kuu, welcome back to my blog !
Materi yang akan kita bahas kali ini ada sangkut pautnya dengan materi kita sebelumnya, masih ingat kan ? Yaps betul sekali minggu lalu kita membahas tentang internet nah kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara kerja internet ? Penasaran ? skuyy baca penjelasan dibawah ini !

Sebelum kita membahas tentang cara kerja internet, kita ingat - ingat lagi yaa apasi internet itu ? Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dan bertukar informasi antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Tapi sebelum mengakses internet pastikan dulu kalau kalian telah memiliki paket internet dari ISP. ISP ? apa itu ? ISP atau Internet Service Provider adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan bertugas sebagai penyedia koneksi internet. Contoh perusahaan ISP yaitu Indosat, Xl,  Telkomsel, Smartfren, By.U, Speedy dan masih banyak lagi, hayooo kalian pakai yang mana ??
Nah cara menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya bisa dilakukan dengan berbagai macam seperti menggunakan protokol fisik (menggunakan kabel) atau nirkabel (menggunakan wifi, bluetooth maupun Lifi)



Hasil gambar untuk gambar jaringan 2 komputer

Yang pertama jika kita ingin menggunakan kabel untuk menghubungkan internet, cara ini merupakan cara yang sederhana jika yang dihubungkan hanya beberapa komputer saja namun akan sangat rumit jika jaringan yang dihungkan sudah lebih dari 10 komputer, kenapa bisa rumit ? yaa bayangkan saja jika 10 komputer maka anda membutuhkan 45 kabel dan 9 colokan per komputernya, ribet bgt kan ? haha. Tapi tenang manteman online ku problem ini bisa kita atasi dengan menggunakan router. 

Hasil gambar untuk router

Router ? apa lagi itu ? router merupakan perangkat kecil yang diciptakan hanya untuk melakukan satu pekerjaan saja yaitu untuk meneruskan pesan yang dikirim dari komputer a ke komputer b dan memastikan pesan tidak terkirim selain ke komputer b, alias tidak salah alamat gituu.



Hasil gambar untuk jaringan komputer

Nah setelah kita telah menambahkan router ke sistem maka kita cukup membutuhkan 10 kabel  (1 kabel per unit komputer) dan 10 colokan saja. Gimana, easy kan ? iyaa sejauh ini masih easy  tapi bagaimana jika ingin menghubungkan ratusan, ribuan bahkan milyaran komputer misalnya pada perusahaan besar ? So pasti satu router saja tidak akan memecahkan masalah tersebut jadiiii kita harus apa ? Yaa pakai router lebih dari 1, mungkin 2, 3 atau bahkan lebih tergantung kebutuhan.

Hasil gambar untuk jaringan komputer


Bagaimana cara mengirim pesan ke komputer lain ?

Jika ingin mengirim pesan dari komputer  ke komputer lainnya, kita haru tau dulu alamat dari komputer yang akan dituju tersebut, hal ini sama halnya jika kita ingin mengirim barang ke rumah sahabat kita, pasti harus tau alamatnya dulu kan?  Jadi setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memiliki alamat unik sebagai pengidentifikasinya. Alamat tersebut kita kenal dengan istilah IP (Internet Protocol) Address. IP Address ini merupakan serangkaian angka yang terdiri dari 4 deret angka yang terpisahkan oleh titik - titik. Deretan angka ini memiliki bit antara 32 sampai 128 bit. Pada setiap alamat memiliki IP Address yang berbeda - beda, misalnya 74.125.224.72 nah IP Address ini merupakan alamat ketika kita ingin mengakses Google. Sekarang pertanyaannya, apakah kita sebagai manusia sanggup menghafal angka sebanyak itu dengan alamat yang berbeda - beda ? Tentu saja otak kita akan sulit mengingatnya kan ? Lalu bagaimana cara mudahnya untuk mengakses alamat - alamat tersebut ?

Hasil gambar untuk gambar ip address

 Tenang, ada DNS. DNS atau Domain Name System merupakan sebuah sistem yang mempermudah komunikasi antara komputer dan manusia, jadi saat kita ingin mengunjungi suatu alamat kita tidak lagi harus menghafal IP Address dari alamat tersebut karen DNS akan mentranslet bahasa kita menjadi angka - angka yang dimengerti oleh komputer. Contohnya saat kita ingin membuka Google, kita tidak lagi harus memasukkan angka yang panjang tadi, kita tinggal mengetik kata "Google" secara otomatis komputer akan langsung membaca IP Address tersebut.


Gimana manteman online ku, kalian sudah paham kan cara kerja internet ? Smoga bacaan kali ini dapat memberi manfaat bagi kalian yang membacanya. See u on my next bacaan, jangan lupa share ke teman - teman kalian yaa, baibaiii :)


referensi
https://developer.mozilla.org/id/docs/Learn/Common_questions/Bagaimana_cara_kerja_Internet
https://www.niagahoster.co.id/blog/ip-address-adalah/
https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-dns/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Mengenai Cyber Security